Selasa, 01 Januari 2013

PERAWATAN BURUNG PARKIT

Tips Memelihara Burung Parkit

Kebetulan kemarin saya baru saja membeli burung parkit, senang rasanya , karena ada tambahan hiburan dirumah. tiap pagi rutinitas berubah, biasanya menghayal depan rumah sambil minum kopi, sekarang ada yang diliat, si imut burung parkit kuning kesayangan ku.
Burung parkit kuning
Nah bagi anda yang berniat untuk mememlihara burung parkit, ada baiknya memperhatikan tips tips memilih burung parkit yang baik. :
* Pada hari pertama membeli parkit usahakan dimasukkan ke kandang langsung, dan ini ada 2 cara, 1. ada yang langsung diambil dari besek (kantong semen) trus taro deh. 2. Ada yang dimasukin sama besek-beseknya tapi iketannya dibuka yar dia keluar sendiri, kalo dah keluar baru di ambil beseknya.
* Setelah itu biarkan 1 sampe 2 hari tanpa tersentuh tangan dulu, alias jangan di ganggu dulu kecuali ngasih makan minum and ngajak ngobrol
* pada hari k 3, diet-in parkit dengan cara menyedikitkan makannya, bukan di puasain seharian ya, ada juga yang bilang g dkasih makan dr pagi sampe sore. Dan mulai sodorkan makanan dengan tangan (handfeed)
* untuk yang mencoba dengan jewawut renceng pada hari p1 dan 2 langsung masukkan di kandangnya jewawut rencengnya agar terbiasa, bukan dengan millet atau jewawut yg sudah menjadi bulir
* biasakan memberikan tanda seblum memberi makan seperti menjentikkan jari, menepuk halus kandang, membunyikan bell, atau menggunakan clicker sebagai tanda bahwa setiap ada bunyi bell dia akan mendapatkan makan.
Latih terus sampai dia mengenali tanda tersebut.
Selamat mencoba dan sukses memelihara burung parkit, posting selanjutnya akan saya bahas, cara menjinakkan burung parkit dan cara berternak burung parkit alaBaladika, sampai jumpa..

2 komentar:

  1. terima kasih atas masukan semoga bermanfaat.... kebetulan saya baru beli PARKIT, tapi dari teman yang sudah lama.. bisa gak burung PARKIT mengenali mpunya/tuan yang baru..dan apakah bisa burung PARKIT punya saya memakai metode yang anda sarankan... terima kasih . . .

    BalasHapus
  2. yg mw pesen parkit lokasi cieureup kab bogor sepasang 60rb hub 087873530350,085710225582,087770063118

    BalasHapus